Senin, 03 Oktober 2011

Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi dalam Dunia Kepandidikan

            Informasi dalam kehidupan sehari hari sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan yang ada dalam suatu keadaan. Apabila seseorang tidak berusaha mencari informasi maka orang itu akan tertinggal dari suatu peradaban yang ada. Sangatlah berguna suatu informasi dalam kehidupan apalagi dalam suatu organisasi, perusahaan maupun instansi instansi yang ada. Informasi itu dibutuhkan untuk mengontrol sumber daya, yang pada akhirnya digunakan untuk pengambilan keputusan-keputusan strategis. Dalam mandapatkan informasi terdapat suatu sistem informasi, yaitu sebuah sistem yang disusun atau dirancang untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”. Akan tetapi dalam sistem informasi tersebut banyak juga informasi yang tidak bermanfaat. Sehingga dalam perancangan suatu sistem informasi itu harus efektif atau memaksimalkan data-data yang berguna dan berkualitas.
Pada umumnya sistem informasi mempunyai beberapa manfaat yang berguna dalam suatu manajemen, baik dalam dunia bisnis, politik, pendidikan, perbankan dan lain-lain. Diantaranya sebagai beirikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
            Dengan berkembangnya zaman, sistem informasi itu di modernkan dengan mengunakan suatu teknologi dengan begitu disebutlah teknologi informasi. Sistem informasi yang dahulu disampaikan secara lisan dan tertulis, sekarang disampaikan dengan menggunakan teknologi.  Teknologi Informasi dalam istilah umum dijjelaskan  bahwa teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Teknologi informasi sangat berkaitan erat dengan teknologi computer dan teknologi komunikasi. Teknologi computer Adalah teknologi yang berhubungan dengan computer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer,pembaca sisidk jari dan bahkan CD room. Sedangkan, teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi jarak jauh.Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon,radio dan televisi.
                Teknologi informasi telah memajukan segala tatanan kehidupan masyarakat termasuk juga dalam dunia pendidikan. Sebenarnya teknologi adalah sebuah alat yang dapat memberikan kemudahan dan keefektifan dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan penggunaan teknologi tersebut ada beberapa keunggulan diantaranya:
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6. Dan yang terpeting adalah meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar