Senin, 04 April 2011

Thought of ATTITUDE STIE Malangkucecwara


Pengembangan ATTITUDE di STIE Malangkucecwara Malang terus diupayakan dan berusaha untuk dioptimalkan, dengan salah satu tujuannya adalah menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang berdaya saing tinggi. Tidak hanya kecerdasan akademik saja melainkan juga pembangunan soft skill yang disebut dengan ATTITUDE tersebut, yang memiliki arti sebagai berikut:
·            Appreciative (berapresiasi positip)
·            Thought (berpikir kreatif-konstruktif)
·            Teamwork (bekerja sama dalam tim)
·            Integrity (berintegritas tinggi)
·            Time Management (berkemampuan mengatur waktu)
·            Usefulness (bermanfaat dan dapat diandalkan)
·            Dedicative (berdedikasi tinggi)
·            Endless Learning (Belajar sepanjang masa)
ATTITUDE ini hanyalah sarana yang dimaksimalkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan diatas. Untuk itu, diperlukan media yang dapat memaksimalkan terciptanya tujuan itu. STIE Malangkucecwara diupayakan dan digencarkan di STIE Malangkuçeçwara Malang Ketua STIE Malangkuçeçwara Dra. Nevi Danila, MBA, Ph.D telah menganjurkan kepada seluruh jajaran dosen/tenaga pengajar pada bulan Juli 2010 ini untuk terus mengupayakan terciptanya ATTITUDE di kampus yang dulu terkenal dengan nama Akademi bank Malang (ABM).
Akhir-akhir ini STIE Malangkucecwara telah gencar menggembor-gemborkan proses pembelajaran e-learning yang mencerminkan pengembangan thought of ATTITUDE dengan cara membuka jejaring sosial antara dosen dan mahasiswanya melalui media internet yang dikenal dengan edmodo. Jejaring social ini memang tak banyak dikenal oleh khalayak umum. Akan tetapi mempunyai fungsi yang begitu besar, karena komunikasi antara dosen dan mahasiswanya sangatlah fleksibel yang dapat dilakukan dimana saja kapan saja tanpa harus bertatap muka langsung. Edmodo memang sama dengan jejaring sosial yang lainnya seperti facebook, twitter, friendster, dll, akan tetapi anggotanya dibatasi. Hanya bagi yang tergabung dalam proses belajar mengajar saja, karena tiap mata kuliah mempunyai kode-kode tersendiri.
Awalnya ada kesulitan untuk pelaksanaan pengajaran ini, baik dari sudut pengajar atau dosennya ataupun dari sudut mahsiswanya sendiri. Namun, setelah dirasa agak lama para mahsiswa dan dosen mendapatkan manfaat lebih yang dapat diperoleh dari jejaring sosial tersebut. Informasi yang diberikan dosen dapat diterima para mahasiswanya dengan seksama. Misalnya :
  • Infomasi  tugas-tugas beserta deadline nya
  • Adanya pengumuman nilainya
  • Menampilkan kalender kelas
  • Kesepakatan atau perjanjian kelas
  •  
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran edmodo tidak hanya ditekankan pada pengembangan thought saja, melainkan juga time manajement karena di jejaring ini terdapat pula kalender kelas maupun deadline tugas yang membantu untuk mengatur waktu, baik untuk dosen maupun mahasiswa.
Akan tetapi tidak hanya edmodo saja yang dilakukan STIE Malangkucecwara untuk mengembangangkan ATTITUDE para mahasiswanya. Ada strategi yang lain sebagai penunjangnya, misalnya pengisian rutin quisioner oleh para mahasiswa untuk mengontrol sistem pengajaran yang diterapkan oleh para dosen, ataupun strategi-strategi lainnya.  Pada dasarnya semua strategi ini dilakukan hanya untuk meningkatkan kualitas STIE Malangkucecwara Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar